Bakso Cak Gendon, Bakso Unik Mirip Bola Rugby

Bakso Cak Gendon, Bakso Unik Mirip Bola Rugby

MALANG KOTA – Bakso pedas dengan isian cabe atau bakso mercon memang bukan hal yang baru di Kota Malang. Namun, Bakso Cak Gendon yang ada di Jalan Satsui Tubun, Kacuk, Kota Malang ini punya cita rasa yang berbeda.

Kebanyakan bakso pedas, adonan pentolnya dicampur dengan lombok yang telah diuleg. Sementara Bakso Gendon menawarkan pentol dengan isian cabe rawit yang hanya di potong dadu dan dibiarkan masih utuh didalam pentol.

Baksonya bahkan bentuknya tidak bulat seperti bakso pada umumnya. Malah bakso di warung yang buka sejak 2015 menyerupai bola yang dipakai dalam olahraga rugby. Bentuknya lonjong memanjang.



“Kita sengaja menaruh lombok utuh dibaksonya, karena kadang ada orang yang tidak suka pedas. Jadi, lomboknya bisa disingkirkan kalau tidak suka,” ujar Cak Gendon langsung ditemui di lokasi, Sabtu, (5/10).

Pria bernama asli Sugeng Cahyono itu menyebut tiap hari warung baksonya menghabiskan 12 kilogram daging bakso lengkap dengan lombok utuh.

“Dulu awalnya bakso mercon saja, terus makin ke sini ada yang isi jamur, pare, puyuh, dan bakso urat,” lanjut Sugeng.
Di Bakso Cak Gendon satu pentolnya dihargai Rp 2.000. Sementara untuk bakso yang ukurannya besar dihargai Rp 5.000.

Selain pentol bakso, Cak Gendon juga menawrkan goreng, tahu, siomay. Per bijinya dihargai Rp 500.

Asyiknya, di Bakso Gendon, pembeli bisa regill bihun sepuasnya.

Bagi Anda yang tertarik mencoba, Bakso Cak Gendon buka tiap hari mulai pukul 10.00 sampai 21.00. “Liburnya menyesuaikan. Kalau capek, kami libur,” tutup Sugeng.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Editor: Indra M