Bakso Usus Bikin Ketagihan

Selain daging, Baksoku menggunakan usus ayam sebagai bahan dasar pembuatan bakso gorengnya. Bakso itu merupakan salah satu menu yang menjadi daya tarik para pembeli. Ada sensasi renyah dan gurih ketika pertama kali memakan bakso goreng tersebut.

Baksoku memang menghadirkan cita rasa gurih pada bakso maupun kuahnya. Baksonya juga begitu sarat akan daging. Ketika digigit, dagingnya sangat terasa. ”Kami hanya menggunakan bahan dasar daging dan usus ayam saja,” kata Karlin, pengelola Baksoku. Pria kelahiran 1978 ini menambahkan, proses pembuatan bakso itu dimulai pada pukul 05.00. Mulai dari pengolahan daging hingga menjadi bakso siap jual.

Proses pengolahan bakso ini dilakukan di rumahnya yang berada di daerah Polehan, Kota Malang. Selain menjual secara langsung, pihaknya menerima pesanan untuk acara-acara tertentu. Seperti pernikahan, khitanan, hingga acara buka puasa bersama.

Salah satu pembeli yakni Evi Virianti menyatakan, dirinya cukup sering membeli bakso di Baksoku. ”Saya suka bakso goreng, rasanya gurih,” ujar perempuan yang tinggal di daerah Gadang tersebut. Dia mengungkapkan, bakso gorengnya lebih kriuk daripada bakso goreng di tempat lain.

Pewarta: Fisca Tanjung
Penyunting: Irham Thoriq
Foto: Darmono