Bandung Sangat Terkenal di Malaysia

Bandung Sangat Terkenal di Malaysia

JawaPos.com – Di Negeri Johor, Malaysia, Bandung adalah hal yang tidak asing. Setiap orang (masyarakat Johor) pasti akan paham ketika kita menyebutkan kata Bandung ketika berkunjung ke Johor. Di Distrik Muar, Johor khususnya, Bandung tidak hanya dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia, lebih dari itu Bandung abadi menjadi nama panganan khas di daerah ini.

Panganan tersebut adalah Mie Bandung, panganan khas yang juga dengan cita rasa khas masyarakat Melayu. Mie Bandung adalah jenis mie yang keunikannya terletak pada kuah yang digunakan. Dimana kuah Mie Bandung adalah perpaduan dari rasa kaldu daging bersanding dengan sentuhan seafood (udang, dan cumi) yang menjadi topingnya.

“Kita campur air rebus daging, ada campur udang dan nos (cumi) juga,” kata Siti Zaliha, salah satu warga yang memiliki usaha jualan Mie Bandung ini.

Mie Bandung, panganan khas Negeri Johor. (Boni Bani/JawaPos.com)

Zaliha melanjutkan, Mie Bandung adalah makanan yang sudah ada sejak dulu. Namun, ia tidak tahu secara pasti apa yang melatarbelakangi nama makanan bercita rasa pedas ini dengan kota di Jawa Barat Indonesia ini.



“Ini dari zaman datuk nenek saya, uniknya Malaysia punya Mie Bandung,” kata wanita yang melayani catering Mie Bandung untuk berbagai acara ini.

Lebih jauh Zaliha menjelaskan, Mie Bandung ini tidak mengenal musim. Ia bisa dimakan kapan saja, bahkan untuk menu sarapan. Walaupun bercita rasa pedas, makanan ini sudah melekat dengan masyarakat Muar.

JawaPos.com pun berkesempatan mencicipi Mie Bandung buatan Zaliha. Rasa kaldu dan udang memang membentuk cita rasa tersendiri. Berampur dengan gilingan kacang tanah di dalamnya, membuat kuah Mie Bandung lebih kental. Membuatnya berbeda dengan Mie Ayam, jenis mie yang mendekati rasa Mie Bandung.