Banyak Spot untuk Adventuring, Garut Kembangkan Wisata Petualangan

JawaPos.com – Wilayah di sekitar objek wisata Cipanas, Garut, Jawa Barat, menyimpan potensi wisata alam petualangan yang layak dikembangkan. Selain di situ, ada lokasi lain yang juga cocok untuk wisata alam petualangan, seperti di sekitar Gunung Guntur, Garut, Jawa Barat.

Wakil Bupati Garut, Jawa Barat, Helmi Budiman menuturkan, pihaknya memang tengah menyiapkan pengembangan wisata alam petualangan di sejumlah titik. “Dari Cipanas itu ada jalur adventure, ada bagus jalur adventure sekitar Gunung Guntur, ada batunya,” katanya dikutip dari Antara, Minggu (24/11).

Helmi menyampaikan, pengembangan wisata petualangan ini dimaksudkan menarik wisatawan untuk berlibur di Garut. Diharapkan, destinas-destinasi baru berupa ojek wisata petualangan dapat menambah lamanya wisatawan berlibur di Garut, dari biasanya satu hari menjadi tiga hari.

“Kami mengembangkan wisata Cipanas Garut agar orang berwisata ke Cipanas itu jangan satu hari dua hari, mudah-mudahan bisa tiga hari,” katanya.

Ia menyampaikan sekitar kawasan Gunung Guntur memiliki tempat yang menarik untuk dinikmati seperti pemandangan alam. Di sana, wisatawan juga bisa menikmati indahnya pemandangan saat matahari terbit maupun tenggelam.

“Bisa menikmati sunrise atau sunset itu bisa di Cikahuripan,” katanya.

Ia menambahkan, kawasan menarik lainnya yaitu sumber air yang selalu menjadi tempat tujuan wisata menuju puncak gunung. Di sekitar Gunung Guntur, ada air terjun dengan pemandangan yang tak kalah cantik.

“Ada pemandangan yang sangat indah karena gunung seperti terpotong, sebelah kiri hijau, sebelah kanan kering,” katanya.

Potensi wisata lainnya, kata dia, kawasan perkebunan kopi yang cukup luas, bahkan bisa dijadikan tempat untuk minum kopi bersama di kawasan kebun tersebut. “Ada kebun kopi sangat luas, bisa dijadikan tempat ngopi juga,” katanya.