Biar Tidak Mengantuk Saat Naik Bus, Coba Lakukan 5 Hal Ini

Biar Tidak Mengantuk Saat Naik Bus, Coba Lakukan 5 Hal Ini

JawaPos.com – Bus senantiasa menjadi pilihan favorit saat traveling, terlebih lagi jika memilih jalur darat. Naik bus untuk traveling memiliki beberapa keuntungan tersendiri dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

Salah satunya, traveling menggunakan bus bisa menghemat budget. Tidak berhenti di sana, sepanjang perjalanan kita dapat menikmati berbagai pemandangan indah.

Fasilitas bus pun kini semakin lengkap. Berbagai fasilitas seperti televisi, WC, hingga wifi membuat perjalanan darat semakin nyaman.

Meski demikian, bepergian menggunakan bus sering kali menghabiskan waktu yang cukup lama. Perjalanan yang panjang tersebut berpotensi membuat bosan lalu menimbulkan kantuk sepanjang perjalanan.

Patut dicermati, tidur terus menerus sepanjang perjalanan naik bus merupakan hal yang berbahaya. Keadaan lengah karena tertidur bisa memancing tindakan kriminal, seperti pencurian.

Nah, berikut lima tips agar Anda tidak sampai ketiduran selama perjalanan di bus.

1. Tidur cukup pada waktu yang pas

Sebelum bepergian menggunakan bus, alangkah baiknya tidur lebih awal dan menghindari begadang. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari rasa kantuk selama perjalanan.

Agar dapat tidur lebih awal, cobalah meminum minuman hangat. Mandi air hangat dan mendengar musik berirama pelan bisa juga membantu tidur lebih awal.

2. Perbanyak minum air mineral

Kantuk bisa dihindari dengan minum minuman berkafein seperti kopi. Namun, air mineral pun bisa menghindarkan diri dari kantuk saat perjalanan menggunakan bus.

Air mineral dapat menjaga tubuh dari dehidrasi penyebab kantuk. Dengan cukup minum air mineral saat pagi dan siang hari saat perjalanan, bisa membantu kita terjaga di dalam bus.

3. Olahraga ringan di perjalanan

Melakukan olahraga saat perjalanan bisa mengurangi rasa kantuk di dalam bus. Tidak perlu olahraga yang merepotkan, cukup olahraga ringan sambil duduk. Olahraga ringan bisa dilakukan dengan meregangkan otot kaki dan tangan agar sirkulasi darah lancar.

Selain peregangan, menggerakkan leher pun bisa dilakukan saat di perjalanan. Cukup duduk tegak, lalu arahkan kepala ke kanan dan kiri masing-masing selama lima detik. Setelah gerakan menghadap, lakukan gerakan miring ke kanan dan kiri, begitu juga dengan gerakan memutar.

4. Mengobrol dengan penumpang lain

Salah satu keuntungan menggunakan bus untuk bepergian adalah mendapatkan kenalan baru. Nah, dengan mengobrol bisa mengurangi rasa kantuk dan jenuh selama perjalanan.

Membuka pembicaraan ringan dengan penumpang lain berguna agar kita tetap terjaga selama perjalanan. Tawarkan juga camilan untuk membuat suasana menjadi cair.

5. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik merupakan jurus ampuh mengurangi rasa kantuk saat perjalanan menggunakan bus. Dengarkanlah jenis musik yang energik. Jangan memilih jenis musik berirama pelan yang bisa membuat semakin mengantuk.

Selagi mendengarkan musik bisa sambil memakan kudapan ringan. Pilih camilan seperti buah, biskuit gandum, granola, atau yoghurt dengan lemak rendah. Gula yang terkandung pada camilan-camilan tersebut dapat membuat stabil gula darah sehingga terhindar dari rasa kantuk.

Dengan mencoba sejumlah tips di atas, rasa kantuk saat perjalanan naik bus niscaya bisa terhindarkan. Berencana bepergian dengan bus? Tenang saja, pesan tiket bus kini lebih praktis melalui Traveloka.

Berbagai penyedia bus tepercaya, misalnya PO Kramat Djati,  dapat dipesan kapan dan di mana saja. Pesan PO Kramat Djati Traveloka tidak hanya mudah, namun tiket yang ditawarkan merupakan harga final yang bersaing. Tidak perlu bayar apa-apa lagi, cukup pesan di Traveloka, perjalanan sepanjang bus aman dan nyaman.

Editor : Mohamad Nur Asikin