Warung Seafood dan Sambal Lalapan Cak Tomo sudah eksis sejak 2001. Hal itu bisa menjadi tolok ukur kelezatan menu-menu yang tersaji di warung tersebut hingga memiliki pelanggan loyal. ”Rasa dan mutu adalah aset utama kami”, tagline yang diusung itu terbukti mampu menyedot banyak pengujung untuk datang.

Setiap hari, tiga warung seafood Cak Tomo rata-rata dikunjungi ratusan pelanggan. ”Mungkin yang warung pusat sekitar 150 orang per hari,” ucap Nopi Purwo Irawan, generasi kedua pengelola warung seafood Cak Tomo. Sementara, di dua warung lainnya rata-rata melayani 100 pengunjung setiap harinya.

Menu-menu yang disajikan warung ini cukup beragam. Dengan menu andalan kepiting, udang, cumi, kerang, hingga sambal lalapan ayam dan bebek, pengunjung bisa memilih bumbu sesuai selera. Mulai dari bumbu asam manis, padang pedas, saus tiram, dan mentega.

Hal itu diakui Priyanti Mayasari, salah seorang konsumen. Dia mengaku sudah berlangganan di warung Cak Tomo sejak tujuh tahun lalu. ”Bahkan sebelum hamil saya sudah makan di sini,” ujar ibu dua orang putri itu.

Dia mengaku cukup sering datang ke warung Cak Tomo. ”Mungkin seminggu bisa 2 sampai 3 kali,” tambah perempuan yang akrab disapa Maya itu.

Dikatakannya, masakan olahan warung Cak Tomo itu disukai keluarganya. ”Di sini banyak menu, banyak pilihan bagi semua. Di sini juga bisa request bumbunya pedas atau tidak,” tambahnya.

Maya juga sering merekomendasikan warung Cak Tomo kepada teman-temannya jika berkunjung ke Malang. ”Kalau keluar sama teman-teman ke Malang, pasti saya merekom tempat ini ke mereka,” pungkas perempuan asal Dili itu.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Achmad Yani
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Rubianto