Asap mengepul tipis dari piring hidangan kepiting yang disajikan pelayan warung seafood Cak Tomo. Aroma dan bumbu saus padang dijamin langsung mengulik selera pembeli. Meski masih tertutup cangkang, pelanggan setia Cak Tomo sudah membayangkan lezatnya daging kepiting yang disajikan.

Untuk bisa menikmati menu kepiting saus padang, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 55.000. Sementara, menu cumi-cumi dihargai Rp 20.000.

Dari olahan seafood, ada beberapa pilihan bumbu yang disediakan di warung Cak Tomo. Mulai dari bumbu asam manis, saus padang, saus tiram, juga saus mentega. ”Kalau bumbu yang paling ramai mungkin saus padang pedas,” jelas Nopi Purwo Irawan, pemilik warung Cak Tomo di Jalan Tumenggung Suryo.

Selain menu seafood, warung Cak Tomo juga menyediakan lalapan ayam dan bebek. Dua menu tersebut juga banyak disukai para pelanggannya. Bahkan, omzet menu lalapan sering kali mengalahkan menu seafood. ”Untuk omzet rata-rata antara Rp 3–4 juta per hari,” ucap dia.

Rata-rata, setiap hari warung ini menghabiskan sekitar 3 kilogram kepiting. Sedang untuk cumi, Irawan menyediakan rata-rata 4 kilogram per harinya. Tetapi, yang paling banyak diminati masyarakat adalah lalapan ayam dan bebek.

”Kalau untuk ayam mungkin bisa menghabiskan 20 ekor. Sedang bebek sekitar 15 ekor,” terangnya.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Achmad Yani
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Rubianto