Ingin Teh Beraroma Harum, Perhatikan Cara Seduhnya

Ingin Teh Beraroma Harum, Perhatikan Cara Seduhnya

JawaPos.com – Tren minum teh semakin diminati masyarakat. Seperti kopi, keharuman aroma teh juga dipengaruhi dari cara menyeduhnya. Mulai dari suhu sampai waktu penyeduhan, semua sangat berperan dalam menentukan aroma teh.

Teh berbentuk daun (bukan kantong, Red) lebih enak diseduh menggunakan tea maker ketimbang hanya sekadar direbus lalu disaring. Praktik ini cocok untuk menimbulkan aroma harus beragam jenis teh, mulai dari Turmeric Tropical Green Tea, Tea Latte, Early Grey With Bubble Gum Syrup, Mango Lime Mint Iced Tea, dan masih banyak lagi.

Pakar teh Indonesia Ratna Somantri menjelaskan, teh bisa dikreasikan dengan cara yang menyenangkan. “Teh bisa dieksplorasi menjadi kreasi minuman menarik yang cocok untuk kaum milenial. Business owner tidak perlu takut kehabisan ide karena teh jenisnya sangat beragam dan proses pembuatan teh kekinian juga tidak sulit,” jelas Ratna.

Menurut Ratna, mengolah teh menjadi minuman yang enak ternyata harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya, teh tidak bisa dicampurkan dengan semua jenis bahan. Selain itu, untuk menghasilkan rasa, aroma dan warna teh yang baik, alat seduh yang dipakai juga harus dipertimbangkan.



Ratna menjelaskan, karena daun teh sangat lembut, maka proses penyeduhannya akan sangat menentukan hasil.

“Banyak yang sering mengatakan menyeduh teh dari daun itu tidak praktis. Sebenarnya dengan alat penyeduhan yang tepat, menyeduh daun teh itu bisa sepraktis menyeduh teh celup dengan hasil seduhan yang lebih baik,” ungkap Ratna.

Untuk suhu, idealnya teh harus diseduh pada suhu 80 derajat Celcius dalam rentang waktu 2-3 menit. “Jika terlalu lama, nanti rasanya bisa terlalu pekat. Keunggulan antioksidan di dalam teh juga hilang manfaatnya,” kata Ratna.

Senada dengan Ratna, Brand Manager Hario Indonesia (Perusahaan asal Jepang di bidang alat seduh untuk teh dan kopi, Red) Stephanie Wibisono menjelaskan, menyeduh teh dengan tea maker sebaiknya dilakukan untuk teh bubuk atau daun. Beberapa alat seduh seperti tea dripper, ketel, tea pot, tea pitcher, dan tea scale bisa jadi pilihan.

“Alat seduhnya lebih baik yang tahan panas, karena banyak tea maker dari kaca yang mudah retak atau pecah jika suhu penyeduhan mencapai 100 derajat Celcius,” imbuhnya.

Dengan alat dan proses yang tepat, Stephanie menegaskan bahwa menikmati teh akan jauh lebih nikmat. “Teh juga memiliki tahapan-tahapan seni seperti kopi, yang membuat cita rasanya lebih enak,” jelas Stephanie.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani