Melestarikan Kuliner Khas Nusantara Lewat Festival

Melestarikan Kuliner Khas Nusantara Lewat Festival

JawaPos.com – Setelah tiadanya maestro kuliner Bondan Winarno, muncul sosok anak muda penggiat dan pelestari kuliner Nusantara, yang secara konsisten berupaya keras melestarikan dan mempromosikan ratusan jenis makanan yang ada di Tanah Air dengan caranya yang unik. Ia bernama Febriyanto Rachmat, yang berusaha mempertahankan keberadaan berbagai jenis kuliner dengan cara mengajak pelaku usaha kuliner nusantara tampil di sejumlah event yang diselenggarakannya.

Tidak hanya melestarikan, pria pemilik Jakarta Innovative and Interactive Solution Communication (JIISCOMM) ini, juga mempunyai cara untuk mengkurasi dan menetapkan jenis kuliner. “Saya punya tim sendiri yang melakukan seleksi ketat terhadap makanan yang akan ikut serta dalam event-event yang kami selenggarakan. Salah satunya adalah seleksi rasa atau test food, interview dengan pemilik usaha dan beberapa seleksi lainnya,” ujar Febriyanto dalam siaran persnya, Kamis, (26/7).

Para pedagang itu ada yang memang sudah terkenal dan melegenda seperti gudeg Yu Djum dari Yogyakarta atau Toko Oen Semarang dan lain sebagainya. Namun ada pula yang diambil dari pinggir jalan.

“Untuk yang dari pinggir jalan ini, saya biasanya dengar atau diberitahu teman atau hunting sendiri. Kalau memang unik, khas, dan tentu rasanya enak maka pedagang tersebut saya tawari untuk ikut,” jelas Febriyanto.



Bahkan, lanjutnya, difasilitasi atau diberikan modal untuk dapat memulai usaha dalam event yang diselenggarakan. Sampai saat ini, JIISCOMM sudah memiliki sedikitnya 300 pedagang kuliner tradisional Indonesia dengan berbagai macam menu dan masakan khas nusantara.

Hal yang menjadi ciri khas dari event-event kuliner yang digelarnya, ujar Febriyanto, adalah semua peserta menyajikan makanan dan masakan khas Indonesia. Sesuai dengan misi dan visi JIISCOMM yaitu mempromosikan kuliner Indonesia ke tingkat yang tinggi, agar menjadi Raja di negeri sendiri.

Sesungguhnya pelestarian kuliner nusantara lewat event festival ini sudah berulangkali diselenggarakan. Festival kuliner sendiri sudah dilakukan di berbagai wilayah di nusantara.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (met/JPC)