Para generasi 90-an pasti tahu apa dan bagaimana yummy-nya jenis es satu ini. Meskipun es ini terlihat sederhana, namun keunikan rasanya ini pasti mampu membuat orang yang pernah mencobanya ketagihan!

Karena perkembangan budaya yang terus berkembang, kini sangat jarang sekali ditemukan jajanan satu ini di jalanan, sehingga kita yang kangen berat dengan es Gabus ini tak bisa dengan mudah memakannya. Tapi sekarang kalian tak perlu khawatir, karena ternyata jajanan es satu ini super mudah sekali dibuat dan bahannya pun juga murah.

Bahan:
1. 1 bungkus hunkwe putih
2. 1 Sachet santan bubuk
3. 13 Sdm gula pasir
4. 1 Pasta strawberry
5. 1 Pasta pandan
6. 1 Pewarna makanan ungu
7. 1 Pewarna makanan kuning
8. 6 Gelas air

Langkah:
1. Campur semua bahan tadi ke dalam baskom, kecuali pasta dan pewarna.
2. Aduk rata sampai gula pasir larut dengan bahan yang lain.
3. Bagi adonan yang sudah teraduk rata ke 4 wadah berbeda, lalu masukan pasta dan pewarna ke dalam masing wadah tadi.
4. Masak adonan satu per satu sampai meletup dan kental, lalu tuang pada loyang kemudian masak lagi adonan selanjutnya dengan cara yang sama lalu tuang segera diatas adonan yang pertama tadi dan begitu seterusnya sampai adonan yang keempat selesai.
5. Jika semua adonan sudah dituang dalam Loyang, biarkan adonan itu dingin selama 2 jam atau boleh juga dimasukkan ke freezer.
6. Setelah lewat dua jam, keluarkan bahan tadi dan potong kotak-kotak menjadi 2x1cm atau sesuai selera kemudian lapisi dengan plastik dan masukan kembali ke dalam freezer sampai beku.

Sumber: cookpad.com